Home » » Makanan khas Betawi yang terkenal lezat

Makanan khas Betawi yang terkenal lezat

Written By junior gamers on Kamis, 27 Agustus 2020 | Agustus 27, 2020


Kue Pancong.

Kue pancong merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras,santan,kelapa dan kelapa parut kasar.kue yang juga di kenal dengan nama gandos dan bandros ini di cetak dalam sebuah cetakan berbentuk setengah llngkaran lalu dibakar di api sehingga matang biasanya kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah rasa manis.

30 makanan khas betawi instagram

Roti Buaya.
siapa yang takut dengan buaya?tenang kali ini buayanya tidak ganas dan tidak bisa menggigit.karena buaya ini hanya berbentuk sebuah kue yang lezat khas dari betawi.Roti buaya bisanya digunakan dalam acara pernikahan yang menggunakan adat betawi.pihak laki-laki akan datang ke rumah mempelai perempuan membawa tori yang berbentuk buaya ini. Buaya digambarkan sebagai sosok yang setia pada pasangannya. Biasanya kue ini memiliki ukuran kurang lebih 50 cm.

30 makanan khas betawi instagram

Kue Cucur.
Kue cucur merupakan salah satu kue tradisional khas Betawi yang hingga saat ini masih digemari.meski tampilannya sedikit berminyak,tapi tetap sasja digemari dengan rasa manisnya yang sangat khas.Ngak heran jika kue ini jadi andalan tak cuma di Betawi,tapi di berbagai wilayah Indonesia.

 30 makanan khas betawi instagram

Dodol Betawi.
Dodol merupakan makanan khas Betawi yang lezat dan legit.Memiliki warna coklat.makanan ini disukai banyak orang,makanan khas yang berbahan dasar ketan dan kelapa memiliki tekstur kenyal dan lengket.Pembuatanya menggunakan kuali besar untuk proses mengaduknya.Saking terkenalnnya,kamu juga bisa menemukan makanan lezat ini selain dijakarta.

 30 makanan khas betawi instagram

Kue Cente Manis.
Kue berbahan dasar santan,gula,tepung hunkwe.sagu,mutiara ini memiliki rasa yang manis.Kue khas betawi ini juga terlihat sangat cantik warnanya.Teksturnya yang kenyal dan lembut menambah sensasi untuk mencoba mencicipi kue yang satu ini.kamu yang penasaran ingin segera mencobanya,bisa membuat kue ini sendiri dirumah.

  30 makanan khas betawi instagram

Ongol-ongol.

Kue ini menjadi salah satu favorite orang Betawi.Biasanya kue ini akan muncul di acara khitanan maupun pernikahan.kue yang berbahan dasar gula aren dan tepung sagu ini memiliki rasa manis dan legit di mulut.Lebih enak lg apabila kamu menyajikan kue onggol-onggol ini dengan taburan kelapa parut di atasnya.Kue ini lebih nikmat dipadukan dengan teh hangat di pagi hari.

30 makanan khas betawi instagram

Roti Gambang.
Roti ini adalah roti khas Betawi.Berbahan dasar tepung terigu dan gula merah.warna cokelat itu karena gula merah alami tanpa membuat pewarna sintesis,roti ini memiliki tekstur yang empuk dan sedikit renyah tidak selembut roti pada umumnya.Bertabur wijen di atasnya untuk menambah kesan cantik, beraroma manis dan lezat di mulut.

30 makanan khas betawi instagram

Mi Kangkung.
Mi kangkung adalah makanan khas Betawi yang serupa mi telur kuning dengan kuah kental dan disajikan dengan kangkung. sering nya sajian ini ditambah jamur dan bakso agar lebih lezat.Kuahnya kental berwana cokelat terbuat dari kaldu daging sapi atau ayam dikentalkan dengan tepung tapioka dan maizena.Ditambah berbagai bahan masakan lainya,menambah citra rasa lezat.

30 makanan khas betawi instagram

Tauge Goreng.
Makanan yang satu ini tentu tidak asing lagi dan tidak sulit dicari karena banyak ditemui di pinggir jalan jakarta.selain terkenal lezat,makanan ini juga memiliki gizi yang baik.Berbahan dasar mi kuning,tauge dan daun kucai yang dimasak dengan air. setelah terlihat layu dan matang setlah ditiriskan.memiliki rasa manis,asam dan gurih.makanan ini bisa disajikan dengan tambahan oncom maupun tauco.

30 makanan khas betawi instagram

Ayam Sampyok.
makanan yang satu ini adalah bentuk akulturasi budaya Betawi dengan Tionghoa.Ayam sampyok sering dijumpai ketika ada acara hajatan atau acara lainnya. makanan khas betawi ini memiliki cara masak yang unik.pasalnya ayam sampok ini memerlukan dua kali proses pembumbuan agar bumbunya mersap dengan baik. memiliki citra rasa gurih membuat setiap orang ingin mencicipi makanan yang lezat satu ini.

0 komentar:

Posting Komentar

PUBG Mobile Kedatangan Update Besar-besaran Bulan Depan

  Disisi lain,PUBG Mobile dipastikan akan kedatangan update besar-besaran dalam waktu dekat,Karenanya,pembaruan ini hadir dengan seri 1.0 ya...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.